Selasa, 16 Juni 2009

Pendahuluan

Latar belakang

Dalam kehidupan sehari–hari banyak sekali peristiwa yang berkaitan dengan reaksi redoks. Salah satunya adalah penggunaan arus listrik dari baterai yang berasal dari reaksi redoks. Selain itu, listrik dari aki yang digunakan untuk menstarter mobil juga berasal dari reaksi redoks spontan.

Reaksi redoks yang mengakibatkan terjadinya perubahan energi kimia menjadi energi listrik, atau sebaliknya, merupakan proses elektrokimia. Salah satu sel elektrokimia yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik dengan konsep redoks adalah sel volta. Sehingga dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan sel elektrokimia, maka perlu tambahan wawasan yang berkaitan dengan sel elektrokimia tersebut, khususnya sel volta.

Kompetensi Dasar

Menerapkan konsep reaksi redoks dalam sel elektrokimia, khususnya sel volta yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri

Indikator Ketuntasan

  1. Menggambarkan susunan sel volta dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya.
  2. Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel volta.
  3. Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar dan membandingkan hasil pengukuran dengan hasil perhitungan.
  4. Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks pada sel volta.
  5. Menjelaskan prinsip-prinsip sel volta yang digunakan dalam kehidupan.


2 komentar:

  1. sin.......
    tambah fotomu donk..
    kan banyak punya yang keren2...
    asta,,,,,

    BalasHapus
  2. Kembangkan lagi! Tambahkan images atau fenomena yang berhubungan dg materi.

    BalasHapus